Dalam kosakata Indonesia kita hanya mengenal ”pemasaran”.
Untuk detail di dalamnya kadang-kadang kita masih memakai istilah aslinya, misalnya antara sales
dan
marketing. Sales dengan marketing
memang saling berkaitan dan sama-sama berupaya meningkatkan penerimaan si
pelaku perdagangan. Pada perusahaan kecil kedua ini disatukan saja, namun pada
perusahaan besar dibedakan divisinya.
Secara
sederhana, sales adalah “....as a process which focuses or targets
on individuals or small groups”, sedangkan marketing adalah “..targets a larger group or the general
public”. Sales lebih sempit
dibanding marketing. Marketing mencakup identifikasi
kebutuhan konsumen, pengembangan produk, dan promosinya. Nah, setelah produk
diterima pasar, maka tugas bagian sales yang mengoperasikan dan
mensukseskannya.
Perbedaan
sales dengan marketing
Sales
|
Marketing
|
Lebih sempit dan teknis. Target sasaran pada
konsumen secara individual dan kelompok kecil.
|
Lebih
luas cakupannya. Targetnya pada kelompok konsumen yang lebih menyebar dan
kepada masyarakat umum.
|
Berkaitan dengan kegiatan pembelian dan
menyampaikan pesanan.
|
Menciptakan
permintaan dan membuka prospek pasar.
|
Hanya berupa kegiatan jangka pendek, yakni untuk
mendapatkan calon konsumen dari produk yang ditawarkan.
|
Merupakan
proses yang lebih panjang, misalnya membangun merk, memperkenalkan brand, mempersuasi masyarakat, dll.
|
Memfokuskan kepada bagaimana menyesuaikan
permintaan konsumen dengan produk yang dijual.
|
Mempelajari
dan berupaya memenuhi apa dan bagaimana selera dan kebutuhan konsumen.
|
Lebih banyak melakukan interaksi interpersonal,
juga pertemuan yang berupa one-on-one
meetings, serta menjaga jaringan.
|
Menggunakan
berbagai metode dalam kerjanya, misalnya beriklan, pengenalan merk (brand marketing), public relations, mengirim surat dan berbagai cara untuk
menciptakan pengetahuan dan kesadaran
konsumen tentang produk. Marketing
menjadi basis untuk keberhasilan pekerjaan mereka yang bertugas di bagian sales.
|
Aktivitas sehari-hari adalah menjaga relasi yang
baik dengan konsumen
|
Sehari-hari
mempelajari dan membuat analisis mikro dan makro kondisi pasar, dan
menciptakan strategi-strategi baru.
|
*****
Tidak ada komentar:
Posting Komentar