Kamis, 26 Januari 2017

Sales vs Marketing

Dalam kosakata Indonesia kita hanya mengenal ”pemasaran”. Untuk detail di dalamnya kadang-kadang kita masih memakai istilah aslinya, misalnya antara sales dan marketingSales dengan marketing memang saling berkaitan dan sama-sama berupaya meningkatkan penerimaan si pelaku perdagangan. Pada perusahaan kecil kedua ini disatukan saja, namun pada perusahaan besar  dibedakan divisinya.

Secara sederhana, sales adalah “....as a process which focuses or targets on individuals or small groups”, sedangkan marketing  adalah “..targets a larger group or the general public”. Sales lebih sempit dibanding marketing. Marketing mencakup identifikasi kebutuhan konsumen, pengembangan produk, dan promosinya. Nah, setelah produk diterima pasar, maka tugas bagian sales yang mengoperasikan dan mensukseskannya.

Perbedaan sales dengan marketing

Sales
Marketing

Lebih sempit dan teknis. Target sasaran pada konsumen secara individual dan kelompok kecil.

Lebih luas cakupannya. Targetnya pada kelompok konsumen yang lebih menyebar dan kepada masyarakat umum.
Berkaitan dengan kegiatan pembelian dan menyampaikan pesanan.
Menciptakan permintaan dan membuka prospek pasar.
Hanya berupa kegiatan jangka pendek, yakni untuk mendapatkan calon konsumen dari produk yang ditawarkan.
Merupakan proses yang lebih panjang, misalnya membangun merk, memperkenalkan brand, mempersuasi masyarakat, dll.
Memfokuskan kepada bagaimana menyesuaikan permintaan konsumen dengan produk yang dijual.
Mempelajari dan berupaya memenuhi apa dan bagaimana selera dan kebutuhan konsumen.

Lebih banyak melakukan interaksi interpersonal, juga pertemuan yang berupa one-on-one meetings, serta menjaga jaringan.
Menggunakan berbagai metode dalam kerjanya, misalnya beriklan, pengenalan merk (brand marketing), public relations, mengirim surat dan berbagai cara untuk menciptakan pengetahuan dan kesadaran  konsumen tentang produk. Marketing menjadi basis untuk keberhasilan pekerjaan mereka yang bertugas di bagian sales.
Aktivitas sehari-hari adalah menjaga relasi yang baik dengan konsumen
Sehari-hari mempelajari dan membuat analisis mikro dan makro kondisi pasar, dan menciptakan strategi-strategi baru.


*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar