Kamis, 26 Januari 2017

Feasibility vs Viability

Secara mudah dapat dikatakan bahwa feasibiltas adalah studi kelayakan terhadap usaha atau bisnis yang sedang atau akan dijalankan, sedangkan viabilitas melihat lebih luas dari itu. Viabilitas tidak hanya sekedar mengetahui apakah usaha ini untung-rugi, tapi pada pertanyaan: apakah usaha ini dapat bertahan lama? Viabilitas mengukur kemampuan dari suatu usaha untuk mempertahankan diri atau mendapatkan kembali potensinya. Kelangsungan hidup bisnis diukur dalam tempo yang lebih panjang.

Memang benar bahwa kelayakan
(feasibility) membuka jalan bagi kelangsungan hidup usaha. Itu semua tergantung pada profitabilitas bisnis sehingga cukup kuat berkompetisi dan bertahan hidup dalam jangka lebih lama di tengah persaingan ketat. Kelayakan ditandai oleh faktor-faktor seperti hasil perhitungan, analisis serta proyeksi.

Viabilitas di sisi lain berkaitan dengan taktik bisnis dan strategi untuk memperpanjang kehidupan bisnis. Strategi tidak penting dalam konsep kelayakan, namun strategi  memainkan peran yang sangat penting dalam konsep kelangsungan hidup bisnis. Pertumbuhan bisnis dan kesinambungan merupakan dua aspek penting dari kelangsungan hidup usaha. Kelayakan tidak peduli tentang aspek pertumbuhan bisnis dan keberlanjutan, karena ia hanya memikirkan tentang profitabilitas dan workability dari bisnis.

Ada beberapa ukuran kelayakan, yaitu kelayakan ekonomi (untung ataukah rugi), kelayakan legalitas (legal ataukah tidak), kelayakan operasional (mampu memecahkan masalah ataukah tidak), kelayakan skedul (memenuhi tenggat atau tidak), kelayakan pasar dan wilayah (apakah diterima pasar setempat atau tidak), kelayakan sumber daya (apakah usaha didukung sumberdaya setempat atau tidak), kelayakan kultural (apakah berdampak pada kultur setempat atau tidak), dan kelayakan finansial (bagaimana biaya, cash flow, dan keuntungan usaha).

Perbedaan antara feasibilitas dan viabilitas

Feasibility
Viability

Studi tentang keuntungan, kekuatan dan kelemahan dari kegiatan yang sedang berjalan atau yang akan dihadapi ke depan.

Studi tentang keuntungan usaha yang sedang berjalan atau yang diharapkan.
Berkaitan dengan kesempatan yang disediakan lingkungan, latar belakang, detail kegiatan, kebijakan dan aturan pajak, finansial dan akuntansi, serta kebijakan riset tentang manajemen dan pasar
Berkaitan dengan strategi bagaimana membuat bisnis tumbuh dan sukses.

Ada beberapa tipe feasibilitas yaitu financial and cultural feasibility, legal and operational feasibility, and resource feasibility.
Viabilitas yang utama adalah tentang pertumbuhan bisnis dan keberlanjutannya.

Lebih teknis dan berorientasi masa kini
Lebih luas dan melihat ke depan


******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar