Kamis, 26 Januari 2017

Stakeholders vs Shareholders

Ada dua kata berujung “holder” yang sering juga dibicarakan dalam soal pemberdayaan, yaitu stakeholder dan shareholder. Stakeholders sering diindonesiakan menjadi “pemangku kepentingan”. Agar program berjalan baik dan mampu mencapai tujuan secara efektif, disarankan agar pelaksana proyek mendekati berbagai pihak semenjak awal kegiatan, yaitu sekumpulan stakeholders mulai dari pemerintah daerah, penguasa setempat, tokoh lokal, dan seterusnya.

Namun dalam konteks perusahaan bisnis, maka stakeholders adalah pihak-pihak yang akan terkena dampak dari kegiatan bisnis, sedangkan shareholders adalah mereka yang akan memperoleh keuntungan dari berjalannya perusahaan yaitu pemilik perusahaan, pemodal, dan para pemilik saham dari perusahaan (sebagaimana dalam buku R. Edward Freeman: “Strategic Management: a Stakeholder Approach” tahun  1984).

Namun ada pendapat lain, dimana dalam konteks perusahaan, shareholders termasuk sebagai stakeholders juga, namun stakeholders tidak selalu shareholders. Seorang shareholder memiliki bagian dalam perusahaan melalui stock ownership, sedangkan stakeholder tertarik pada kinerja perusahaan dengan alasan lebih dari sekedar hanya stock appreciation. Keduanya menjadi komponen penting dalam perusahaan, dan keduanya berkaitan dengan perihal finansial dan non finansial.

Stakeholders dapat berupa pekerja yang apabila tidak ada perusahaan maka ia pun jadi nganggur, bisa juga bondholders yakni “who would like a solid performance from the company and, therefore, a reduced risk of default”.  Juga bisa customers yakni orang-orang yang menerima barang dan jasa dari perusahaan, dan suppliers mereka yang memasok input untuk perusahaan. Stakeholders adalah “ those on whom an organization's activities have an impact”. Permasalahan
CSR lebih tepat jika dikaitkan dengan stakeholder, karena berada pada area tanggung jawab perusahaan pada sekitarnya.

Sementara shareholder dapat pula disebut sebagai orang yang berada di lingkaran dalam perusahaan. Ia terpengaruh langsung dengan kinerja perusahaan. Mungkin shareholder lebih tepat disebut sebagai “pemangku kepentingan utama. Karena sebagai pemegang saham ia menanamkan modalnya dalam perusahaan, sehingga  sekaligus juga menanggung risiko kehilangan modalnya.

Untuk perusahaan, stakeholders dapat berupa pegawai, keluarganya, suppliers, pembeli, customers, dan komunitas lain. Perguruan tinggi misalnya hanya punya stakeholders tanpa shareholders. Semua shareholders dalam perusahaan adalah stakeholders, namun  tidak semua stakeholders adalah shareholders. Pegawai adalah stakeholders, namun ia tidak menyetorkan modal, sehingga mereka bukan shareholders. Tenaga kerja yang tidak melibatkan uang dalam perusahaan adalah stakeholders. Sesuai dengan Corporate Social Responsibility (CSR), perusahan harus memutuskan segala sesuatu dengan mempertimbangkan stake holders lebih daripada shareholders nya saja.

Perbedaan antara stakeholder dan shareholder
Stakeholder
Shareholder

Semua yang memiliki keterkaitan (interest) terhadap perusahaan, baik secara finansial atau bukan.

Mereka yang menyumbang ke perusahaan, sehingga bagian dari pemilik perusahaan.
Stakeholders lebih luas, termasuk shareholders.
Shareholders  lebih sempit. Semua shareholders adalah stakeholders.
Siapapun yang secara langsung dan tidak langsung berkepentingan kepada perusahaan.
Mereka yang memiliki kaitan atau ketertarikan finansial dengan perusahaan.
Dalam konteks pemberdayaan masyarakat, mereka adalah pihak yang berkepentingan, baik dari kalangan pemerintah, Pemda, NGO, dan juga masyarakat penerima manfaat.
Adalah mereka yang diharapkan membantu dengan mendistribusikan berbagai sumber daya miliknya, yakni modal dan material. Shareholder mendukung kegiatan pemberdayaan, karena posisinya lebih kuat dibandingkan yang akan dibantunya.


Dalam ilmu pemberdayaan, ada yang membedakan dimana stakeholders adalah yang berkepentingan, yaitu kantor-kantor yang visinya sejalan dengan program yang akan dilaksanakan, namun termasuk juga mereka yang akan menerima manfaat. Sementara, shareholders adalah mereka yang diharapkan bisa berkontribusi untuk membantu proyek, dan mereka bukan sebagai penerima manfaat. *****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar