Kamis, 26 Januari 2017

Aliran Ekonomi Kelembagaan Lama vs Baru

Ilmu ekonomi kelembagaan juga cepat berkembang, sehingga bisa pula dipilah menjadi ekonomi kelembagaan lama (Old Institutional Economy)  dengan ekonomi kelembagaan baru (New Institutional Economy). Perbedaannya lebih kurang sebagai berikut.

Perbedaan antara ilmu ekonomi kelembagaan lama dengan baru
Old Institutional Economy (OIE)
New Institutional Economy (NIE)
Berasal dari tradisi American institutionalist dengan tokohnya T. Veblen, Wesley Mitchell, JR Commons, dan Clarence Ayres.
Mulai berkembang tahun 1930-an, melekat pada (varian) dari ekonomi klasik, dengan tokohnya  adalah Adam Smith, JS Mill, Karl Marx, Marxian, mahzab Austria (Menger, von Wieser, Hayek, Schumpeter), serta neoklasik (Marshal Williamson)
Sumbernya adalah T. Veblen yang dilanjutkan C. Ayres pada kelembagaan dan teknologi, lalu JR Commons pada bidang hukum, property rights, organisasi ekonomi, transaksi ekonomi, dan distribusi pendapatan.
Disebut pula dengan istilah mathematical institutional economics, Theoritical, Institutional Economic, Modern IE, dan Neo Institutional Economic. Berangkat di luar kerangka neoklasik, untuk menjawab teka-teki di neoklasik.
Analisis terhadap individu. Analisis dilakukan secara terpisah tentang bagaimana lingkungan membentuk perilaku individu.
Objek analisis adalah organisasi. Organisasi adalah pelaku atau aktor penting, dan bagaimana setting kelembagaan mempengaruhi organisasi.

Aliran Ekonomi Kelembagaan Baru dimulai pada tahun-tahun 1930-an dengan  ide dari penulis yang agak berbeda-beda. Intinya, aliran ini merupakan upaya perlawanan terhadap dan sekaligus pengembangan ide ekonomi Neoklasik, meskipun tetap saja dapat terpengaruh oleh ideologi dan politik yang ada pada masing-masing para pemikir. NIE membangun teori kelembagaan nonpasar dengan fondasi teori ekonomi Neoklasik. Douglas C. North menyebut bahwa NIE masih menggunakan dan menerima asumsi dasar dari ekonomi Neoklasik mengenai kelangkaan dan kompetisi akan tetapi meninggalkan asumsi rasionalitas instrumental (instrumental rasionality). Fokus NIE pada kelembagaan nonpasar, seperti hak kepemilikan, kontrak, partai revolutioner dan sebagainya. NIE dapat dibagi dalam dua kategori, yaitu sejarah ekonomi baru (ner economic history) yang dikembangkan oleh North, Fogel dan Rutherford; serta aliran pilihan publik (public choice school) yang dikembangkan Buchanan Tullock Olson dan Bates. Dan masih banyak cabang lain seperti teori ekonomi sosial baru, teori hukum dan ilmu ekonomi, dan teori tindakan kiolektif.

Saat ini pun, ilmu ekonomi kelembagaan terus berkembang semakin dalam karena ditekuni oleh banyak ahli ilmu ekonomi dan ilmu sosial lainnya, termasuk beberapa di antaranya memenangkan hadiah nobel. Penghargaan tersebut tidak hanya tertuju langsung kepada ahli dan orangnya, tetapi juga pada bidang keilmuannya, yakni ilmu ekonomi kelembagaan itu sendiri. Namun, ada yang membagi menjadi tiga aliran, yaitu yang lama, baru, dan yang “Aliran Quasi Kelembagaan”. Aliran ketiga ini terpengaruh oleh pemikiran Veblen dan kawan-kawannya. Tokohnya antara lain Joseph Schumpeter, Gunnar Myrdal, dan Kenneth Galbraith. *******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar