Kamis, 26 Januari 2017

Output vs Outcomes vs Impact

Output, outcome dan impact sering campur aduk penggunaannya. Penerjemahannya juga belum disepakati dengan enak. Output dan outcome sering diterjemahkan jadi “hasil kegiatan”, sedangkan outcome dan impact sering menjadi “dampak kegiatan”. Namun, dalam literatur berbahasa Inggris pembedaannya cukup terang. Perbedaannya adalah pada level dan durasinya diukur dari saat proses kegiatan dianggap berakhir, meskipun sebenarnya tidak sesederhana itu.

Perbedaan antara output, outcome dan impact
Output
Outcomes
Impact
Adalah apa yang dihasilkan secara langsung dari satu aktivitas. Berupa proses, barang atau jasa yang telah dihasilkan dari program, organisasi atau perusahaan.


Perubahan-perubahan yang terlihat (observable changes) yang berpotensi untuk memperbaiki kehidupan, lingkungan, dan misi organisasi.

Perubahan-perubahan berkelanjutan (sustainable changes) dalam kehidupan manusia dan lingkungan yang secara terstruktur yang menyumbang kepada tujuan organisasi, misalnya mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan manusia, dan koservasi alam.
Jangka waktunya pendek
Jangka pendek dan agak panjang
Jangka lebih panjang, misalnya setahun setelah kegiatan berakhir
Contohnya adalah workshop, panduan pelatihan, laporan riset dan pengkajian, petunjuk pelaksanaan, strategi, dan paket dukungan teknis.

Peningkatan pengetahuan, keterampilan, kualitas produk, dan lain-lain.
Peningkatan pendapatan peserta, pemanfaatan sumberdaya lokal, penyerapan tenaga kerja di bekas lokasi program, dan seterusnya.
Dalam hal level kemampuan untuk menguasainya,  kita dapat mengontrolnya (The organisation controls activities and outputs)
Kita hanya bisa mempengaruhinya (The organisation influences outcomes).
Kita hanya bisa berkontribusi (The organisation contributes indirectly to impact)

Cakupan dampaknya lebih terbatas dan sempit, yakni pada peserta secara internal saja.
Dampak pada peserta baik pada individual maupun kelompok
Dampak pada sejumlah kelompok, komunitas, masyarakat lebih luas, dan bahkan pada lingkungan.


******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar